1.
Pengertian Job enrichment
Pengayaan pekerjaan (job enrichment), mengasumsikan bahwa
meningatnya rentang dan jenis pekerjaan tidak berusaha cukup untuk meningkatkan
motivasi karyawan. Oleh karena itu, pengayaan pekerjaan berusaha untuk
meningkatkan baik jumlah tugas yang dilakukan maupun pengawasan yang dilakukan
pekerja terhadap pekerjaan tersebut. Untuk mengimplementasikan pengayaan
pekerjaan, manager mengurangi pengawasan terhadap pekerjaan, mendelegasikan
lebih banyak ototritas kepada kayawan, dan membuat struktur pekerjaan dalam
unit yang alami dan lengkap. Perubahan ini meningkatkan rasa tanggung jawab
bawahan. Bagian lain dari pengayaan pekerjaan adalah dengan menugaskan tugas
baru dan tugas yang mendatang secara kontinu, sehingga dapat meningkatkan
kesempatan karyawan untuk berkembang dan maju.
2.
Langkah-Langkah
dalam Redesign Pekerjaan untuk Job
enrichment
Dimana manajemen harus
memulai dengan kertas kosong, memikirkan kembali dan merancang-ulang
proses-proses yang dilewati organisasi untuk menciptakan nilai dan menjalankan
pekerjaan, membersihkan diri dari operasi yang telah usang. Dalam job redesign
terdapan tiga kunci yang menjadi unsur penting job redesign yaitu
mengidentifikasi kompetensi mencolok organisasi, menilai proses-proses inti,
dan melakukan penataan ulang. Kompetensi mencolok dengan hal yang dilakukan
secara lebih baik atau unggul oleh organisasi daripada para pesaingnya.
Manajemen juga perlu menilai proses-proses inti yang jelas menambah nilai atas
kompetensi mecolok di organisasi itu.
Ada beberapa pilihan
yang dimiliki para manajer jika ingin melakukan job redesign, yaitu rotasi
pekerjaan, pemekaran pekerjaan, pemerkayaan pekerjaan, dan rancangan
berdasarkan tim.
a.
Rotasi Pekerjaan
Rotasi pekerjaan adalah perubahan periodik pekerja
dari satu tugas ke tugas yang lain. Jika kegiatan tertentu tidak lagi
menantang, karyawan itu dipindahkan ke pekerjaan lain, pada tingkat yang sama
yang mempunyai persyaratan keterapilan yang serupa.Rotasi pekerjaan mampu
mengurangi kebosanan dan meningtkatkan motivasi lewat penganekaragaman kegiatan
karyawan.
b.
Pemekaran
Pekerjaan
Pemekaran pekerjaan adalah perluasan pekerjaan
secara horizontal dengan menambah jumlah dan keragaman tugas yang dikerjakan
oleh individu sehingga menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak.
c.
Pemerkayaan
Pekerjaan
Memperkaya pekerjaan adalah pengembangan pekerjaan
secar vertikal dengan menambah tingkatan sehingga pekerja itu mampu
mengendalikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kerjanya sehingga
memungkinkan pekerja melakukan kegiatan lengkap, meningkatkan kebebasan dan
ketidaktergantungan pekerja itu, meningkatkan tanggung jawab dan memberikan
umpan balik.
d.
Rancangan
berdasarkan tim
Rancangan pada level kelompok dilakukan dengan
memberikan tugas-tugas ke kelompok individu dan bukannya ke satu orang saja. Rancangan
ini adalah fenomena yang relatif baru.
3.
Pertimbangan-Pertimbangan
dalam Job enrichment
Job
enrichment bukan tanpa resiko,
mereka yang melakukannya tanpa determinasi yang kuat untuk melakukan dengan
benar akan gagal. Untuk itu diperlukan juga untuk mempertimbangkan
dimensi-dimensi pekerjaan inti. Dimensi pekerjaan inti adalah
karakteristik-karakteristik yang membuat pekerjaan lebih motivasional. Ada lima
dimensi pekerjaan inti:
a.
Skill variety (berbagai
keterampilan)
b.
Task identity
(identitas tugas)
c.
Task significance
(pentingnya tugas)
d.
Otonomi
e.
Feedback
(umpan balik)
Job enrichment dapat membuat karyawan semakin bertanggung jawab, termotivasi,
berkembang dan maju. Sebuah perusahaan seharusnya membuat karyawan maju dan
berkembang agar kualitas karyawan menjadi lebih baik begitu pula produk yang
dihasilkan perusahaan.
Sumber:
Griffin,
R.W. (2004). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
http://chocomeow.blogspot.co.id/2009/03/resume-job-design.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar